Potensi Wilayah

Kabupaten Karawang disamping sebagai lumbung padi Jawa Barat juga merupakan salah satu daerah yang dapat memberikan kontribusi kebutuhan beras Nasional setiap tahunnya mencapai 799.128 ton/tahun.

Industri di Kabupaten Karawang dikembangkan di lahan seluas 13.718 Ha atau 7,85% dari luas Kabupaten Karawang, terdiri atas :

  • Kawasan Industri seluas 6.757,5 Ha (terdiri atas Kecamatan : Telukjambe Barat, Telukjambe Timur Ciampel,Klari dan Cikampek)
  • Kawasan Industri Terpadu seluas 743 Ha di Kecamatan Telukjambe Barat
  • Kawasan Industri seluas 1.000 Ha di Kecamatan Cikampek
  • Zona Industri seluas 5.217,6 Ha (Kecamatan : Klari, Purwasari, Cikampek, Kota Baru, Ciampel, Pangkalan, Teluk Jambe Barat,Karawang Barat, Karawang Timur, Rengasdengklok ).

Sampai saat ini pengembangan kegiatan industri di Kabupaten Karawang dialokasikan di bagian selatan, tepatnya di Kecamatan Klari, Cikampek, Telukjambe Barat, Telukjambe Timur, Purwasari, Karawang, Jatisari, Pangkalan dan Cikampek.
Walaupun begitu tidak semuanya berkembang, terutama yang diperuntukan untuk Kawasan Industri terpadu di Kecamatan Telukjambe Barat seluas kurang lebih 743 Ha, sedangkan 2.400 Ha fungsinya sudah dikembalikan pada semula sebagai lahan Perhutani.

Kegiatan industri yang relatif berkembang diantaranya Kota Industri di bagian timur (Kota Bukit Indah City) Kecamatan Cikampek,
Kawasan Industri (Kecamatan Telukjambe Timur dan Pangkalan), Zona Industri (Kecamatan Telukjambe Timur, Klari, Cikampek dan Karawang)

Pertambangan

Secara umum potensi bahan galian unggulan di Kabupaten Karawang yang layak untuk dikembangkan lebih lanjut adalah Batu Gamping, Batu Andesit dan Sirtu. Hal ini didasarkan atas nilai ekonomis dan besaran potensi bahan galian tersebut.

  • Batu Gamping : Terdapat di Kecamatan Pangkalan dengan sumber daya 408 juta m3.
  • Batu Andesit : Terdapat di Gn. Sinalanggeng, Gn. Cengkik, Gn. Cipaga dan Tegalwaru, Kec. Pangkalan, dengan sumberdaya mencapai 728 juta m3.
  • Pasir dan Sirtu : Terdapat di Sungai Citarum, Telukjambe, Rengasdengklok, Cikampek, Klari dan Pangkalan dengan sumber daya mencapai 205 juta m 3

Sektor pariwisata di Kabupaten Karawang sangat potensial. Namun potensi tersebut masih perlu perhatian khusus. Hal tersebut disebabkan sektor pariwisata belum memberi kontribusi yang signifikan terhadap sektor perekonomian daerah.

Memperhatikan letak geografis Kabupaten Karawang dapat disimpulkan bahwa terdapat beragam objek wisata di Karawang. Keberagaman objek wisata tersebut terbagi menjadi enam karakter wisata, yaitu :
(1) pegunungan; (2) bahari; (3) sejarah (heritage); (4) religi; (5) purbakala; dan (6) buatan.

  • Daya tarik wisata berdasarkan karakter wisatanya dapat dijabarkan sebagai berikut : Wisata Alam (bahari dan pegunungan) meliputi keindahan, banyaknya jenis sumber daya alam yang menonjol untuk wisata, keunikan sumberdaya alam, keutuhan sumber daya alam, pilihan kegiatan, kebersihan udara, ruang gerak pengunjung, kepekaan sumberdaya alam;
  • Wisata Budaya (purbakala, heritage, dan religi) meliputi karya yang unik, tua, tidak ada di tempat lain (artefak purbakala), mengandung peristiwa sejarah, memiliki warisan budaya yang sudah mengakar seperti tarian, dan ritual budaya lainnya, termasuk didalamnya berbagai kegiatan ritual atau situs keagamaan yang menarik orang untuk berziarah;
  • Wisata Buatan/Minat Khusus meliputi daya tarik dari objek wisata yang dibuat manusia tetapi sudah berpadu dengan alam sekitarnya sehingga menjadi sesuatu yang indah, tidak ada duanya, dan menunjukkan kehebatan pembuatan objek tersebut, misalkan bendungan, jembatan, danau buatan, dan lain-lain. Selain itu terdapat juga daya tarik wisata minat khusus, misalkan wisata kuliner yang khas hanya terdapat di daerah tersebut, olah raga khusus yang dapat dilakukan di daerah tersebut dan sejenisnya.

Gambaran Wilayah | Kabupaten Karawang Jawa Barat

  • Wilayah
  • Pertanian
  • Industri
  • Pariwisata

Pertanian Padi

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.

Image 1-2

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.

Image 1-3

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.

Image 1-4

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.

Image 2-1

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.

Image 2-2

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.

Image 5

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.

Image 5

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.

Image 5

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.

Image 5

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.

Image 5

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.

Image 5

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.